Mengenal Ciri-Ciri Kontraksi Palsu pada Trimester Akhir

Posted by

Saat kehamilan memasuki trimester akhir Anda harus bersiap dengan kehadiran kontraksi palsu. Kontraksi palsu ini mirip dengan kontrasi menjelang persalinan. Agar dapat membedakan kontraksi palsu dan kontraksi persalinan, berikut ini adalah penjelasan tentang ciri ciri kontraksi palsu.

Kontraksi Palsu

Kontraksi palsi atau Braxton Hicks dalam istilah medis merupakan kondisi umum yang sering terjadi pada masa akhir kehamilan. Kondisi akan mulai dirasakan pada usia kehamilan 30 minggu dan intensitasnya akan semakin meningkat seiring dengan semakin dekatnya waktu kehamilan.

Meskipun kontraksi palsu menyebabkan rasa ketidaknyamanan, kondisi ini merupakan hal yang normal. Kontraksi palsu merupakan cara tubuh mengondisikan rahim dan jalan lahir untuk siap menghadapi proses persalinan. Ada beberapa ciri-ciri kontraksi palsu yang membedakannya dengan kontraksi asli.

Tanda-Tanda Kontraksi Palsu

Kontraksi palsu memiliki beberapa perbedaan dari kontraksi persalinan, antara lain sebagai berikut. Tanda yang pertama adalah Anda akan merasakan seluruh otot pada rahim mengencang dan perut terasa sangat keras seperti batu saat disentuh. Waktu datangnya kontraksi ini tidak teratur dan berlangsung selama kurang lebih 30 detik.

Kontraksi asli menjelang persalinan umumnya berlangsung selama 1 menit dan akan terus meningkat seiring dengan semakin dekatnya waktu kelahiran. Kontraksi palsu dirasakan hanya pada perut bagian depan.

Umumnya kontraksi palsu disebabkan berbagai hal seperti bayi yang terlalu aktif, melakukan aktivitas berlebihan, mengangkat beban berat, dehidrasi dan hubungan seks. Meskipun tidak berbahaya tetapi rasa tidak nyaman tetap mengganggu bagi sebagian ibu.

Cara Mengatasi Kontraksi Palsu

Mengatasi ketidaknyamanan kontraksi palsu dapat diatasi dengan berbagai hal tanpa harus pergi kerumah sakit. Salah satunya adalah mengurangi aktivitas berat atau jika sedang melakukan aktivitas dan merasakan kontraksi segeralah istirahat. Baringkan tubuh Anda dan atur nafas dalam-dalam untuk mengurangi kepanikan dan menciptakan rasa nyaman.

Jika kontraksi datang saat Anda dalam keadaan diam atau tidur, cobalah ubah posisi Anda atau mungkin berjalan ringan. Minumlah air hangat dan konsumsi makanan dalam jumlah kecil untuk mengatasi kontraksi palsu. Jika diperlukan mandi dan berendam air hangat 20-30 menit untuk membantu tubuh Anda lebih rileks.

Manfaat Kontraksi Palsu

Walaupun kontraksi palsu kadang menyusahkan dan membuat tidak nyaman, tetapi masih memiliki manfaat bagi Anda. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sebenarnya kontraksi palsu merupakan proses persiapan jalan kelahiran, maka semakin sering terjadi kontraksi makan proses kelahiran akan semakin mudah melewati proses persalinan.

Meski begitu perlu Anda ketahui juga, jika usia kehamilan belum 37 minggu dan mengalami kontraksi kebih dari 4 kali dalam satu jam, segera konsultasikan ke dokter untuk mewaspadai tanda kelahiran prematur.

Waspadai juga kontraksi palsu yang disertai cairan ketuban dari vagina, bercak darah, perdarahan vagina atau tekanan di dalam pinggul seperti dorongan bayi ingin dilahirkan. Jika tanda-tanda ini terjadi segeralah konsultasikan ke dokter.

Itulah beberapa penjelasan ciri-ciri kontraksi palsu dan berbagai hal yang berkaitan dengan kondisi tersebut. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda. Berbagai artikel sejenis dan informasi seputar parenting dapat Anda baca di Orami Magazine dengan mengunjungi laman orami.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *