Mudah Marah Tanda Ada yang Tak Beres Dengan Usus

Posted by

Tiap sistem di tubuh kita saling terkoneksi satu sama lain. Sehingga pasti akan ada tanda tersendiri apabila salah satu sistem bermasalah, misalnya usus.

Ketika usus kita tidak sehat atau bermasalah, tak hanya memberikan gejala sakit perut, sering kentut, kembung atau diare. Karena 60-80 persen sistem imun kita terletak di usus, maka adanya masalah di sana bisa berkaitan dengan ketidakseimbangan hormon, penyakit autoimun, fibromyalgia dan sederet masalah kesehatan kronis lainnya.

Usus atau sistem pencernaan yang sehat merupakan kunci utama dari kesehatan yang optimal. Dikutip dari Mind Body Green, berikut adalah 10 tanda yang menunjukkan ada masalah dengan ususmu:

  1. Masalah pencernaan seperti kembung, sering kentut, dan diare
  2. Alergi atau sensitif pada makanan
  3. Kecemasan
  4. Depresi
  5. Perubahan mood, mudah marah
  6. Masalah kulit seperti eksim atau rosacea
  7. Diabetes
  8. Penyakit autoimun
  9. Infeksi yang sering terjadi
  10. Mudah lupa dan sulit konsentrasi, ADD atau ADHD

Ada beberapa cara untuk mengatasi gejala-gejala ini dan menyehatkan sistem pencernaan. Yang pertama bisa dilakukan adalah menyingkirkan sumber masalahnya. Yakni hal-hal yang memberikan dampak negatif pada lingkungan usus, misal makanan yang membuat radang, infeksi (dari bakteri atau parasit) atau luka seperti alkohol, kafein atau obat-obatan.

Selain itu makanan yang mengandung gluten, produk susu, jagung, kedelai, telur dan gula bisa menyebabkan sensitif makanan. Cara untuk mengetahui mana yang membuat perut bermasalah adalah singkirkan beberapa makanan selama dua minggu atau lebih, lalu konsumsi kembali. Lihat apa respons tubuhmu pada makanan tersebut.

Kemudian gantilah dengan makanan yang lebih baik agar pencernaan dan penyerapan semakin bagus. Konsumsi juga probiotik dan prebiotik untuk mengembalikan lingkungan usus dengan bakteri baik dengan makanan yang tinggi serat atau seperti yogurt dan kefir.

“Memberikan nutrisi yang dibutuhkan usus untuk memperbaiki sendiri sangat penting. Salah satu suplemen favoritku adalah L-glutamin, asam amino yang membantu meremajakan lapisan dinding usus. Nutrisi penting lainnya termasuk zat besi, minyak ikan omega-3, vitamin A,C, E dan juga rempah-rempah seperti lidah buaya,” tandas Amy Myers, MD, penulis buku The Autoimmune Solution.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *