Ini Dia Syarat Agar Olah Raga Bermanfaat

Posted by

Banyak orang merasa tidak perlu olahraga karena kegiatan sehari-hari pun sudah cukup menguras banyak energi dan membuat berkeringat. Perjalanan dari rumah ke kantor yang melelahkan pun dianggap sebagai olahraga. Padahal tak semudah itu, ada syarat tetentu agar aktivitas fisik bisa disebut olahraga yang bermanfaat.

Dokter spesialis olahraga dr Sophia Hage, SpKO menjelaskan bahwa aktivitas olahraga berbeda dengan aktivitas fisik dan kegiatan sehari-hari.

“Ada yang namanya olahraga dan aktivitas fisik. Yang membedakannya adalah olahraga ada peningkatan denyut jantung.

Berkeringat bukan patokan bahwa aktivitas fisik memberikan manfaat seperti olahraga. Patokan apakah seseorang telah berolahraga dilihat dari adanya peningkatan denyut jantung.

“Kalau orang bilang patokan olahraga adalah berkeringat, sebenarnya kurang tepat. Patokan olahraga adalah peningkatan denyut jantung. Rasanya berdebar-debar atau degdegan. itu artinya tubuh kita sudah bekerja lebih dari kegiatan sehari hari,” ujarnya

Olahraga yang baik yaitu disertai dengan aktivitas fisik. Jika belum tergerak untuk melakukannya, cobalah untuk meningkatkan aktivitas fisik kemudian mulailah olahraga ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *