Bahaya asam lambung yang harus kalian ketahui

Posted by

Apa itu asam lambung?

Asam lambung berperan penting dalam proses pencernaan. Tanpa asam lambung atau jika kadar dalam lambung rendah, tubuh tidak bisa menyerap nutrisi dalam makanan.

Selain perannya dalam proses pencernaan, asam lambung menetralkan enzim dan menghilangkan kuman berbahaya yang mungkin ada dalam makanan.

Karena itu, penting untuk memastikan bahwa kadar asam dalam lambung sesuai dengan kebutuhan tubuh. Jika jumlahnya berlebihan atau terlalu kecil, berbagai masalah kesehatan dapat terjadi.
Risiko asam lambung jika terlalu sedikit

Ketika tubuh tidak menghasilkan asam lambung yang cukup, atau dalam istilah medis, disebut hipokloridia, gejala yang akan muncul adalah sebagai berikut:

perut kembung
Bersendawa sering
Diare
Nyeri perut atau mulas
Mual dan muntah
Tubuh terasa lemas
Sering kehabisan angin

Selain itu, kekurangan asam lambung jangka panjang juga dapat menyebabkan masalah gizi, seperti kekurangan vitamin, mineral atau protein tertentu. Padahal, kekurangan asam lambung berarti bahwa nutrisi ini tidak dicerna dengan baik oleh tubuh.
Bahaya asam lambung jika terlalu banyak

Sebaliknya, jika kadar asam lambung terlalu tinggi, berbagai gangguan dapat terjadi, yaitu:

  • mulas

Mulas adalah sensasi yang menyakitkan di dada dan perut bagian atas, yang biasanya terasa lebih buruk ketika berbaring atau melenturkan. Kondisi ini adalah efek dari asam lambung naik ke kerongkongan dan dapat menunjukkan adanya tukak lambung.

Jika keluhan mulas hanya terjadi sesekali, biasanya tidak diperlukan perawatan khusus. Tetapi jika mulas sering terjadi, berat, dan menjalar ke rahang, leher, atau lengan, itu harus diperiksa dan dirawat oleh dokter.

  • Penyakit GERD atau asam lambung

Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah penyakit pencernaan kronis yang terjadi ketika asam lambung atau cairan dan isi lambung naik ke kerongkongan, mengiritasi lapisan kerongkongan.

GERD ditandai oleh mulas yang terjadi lebih dari dua kali seminggu. Bahaya asam lambung ini dapat diobati dengan mengadopsi gaya hidup sehat, menghindari konsumsi kopi dan alkohol, berhenti merokok dan minum obat pereda asam lambung. Dalam beberapa kasus, GERD harus dirawat dengan pembedahan.

  • gigi patah

Asam lambung atau cairan lambung yang naik ke kerongkongan dan mulut dapat mengikis enamel gigi (lapisan terluar gigi). Akibatnya, gigi rusak. Tanpa pemeriksaan gigi rutin, orang biasanya tidak menyadari bahwa giginya rusak sampai kerusakannya serius.

  • Masalah pernapasan

Asam lambung juga dapat memperburuk asma atau radang paru-paru dan menyebabkan sesak napas. Ini bisa terjadi jika asam lambung naik ke kerongkongan secara tidak sengaja di tenggorokan saat bernapas dan masuk ke paru-paru.

  • Peradangan kerongkongan

Asam lambung yang naik ke kerongkongan (GERD) dapat menyebabkan iritasi pada dinding kerongkongan. Iritasi ini kemudian memicu peradangan pada kerongkongan atau yang biasa dikenal dengan esofagitis.

  • Barrett’s esophagus

Jika tidak diobati selama bertahun-tahun, asam lambung yang terus naik ke kerongkongan kemungkinan menyebabkan kerongkongan Barrett. Bahaya asam lambung yang satu ini adalah komplikasi serius dari penyakit GERD.

Pada Barrett’s esophagus, lesi dari esophagus menghubungkan mulut dengan perut. Penyakit ini tidak memiliki gejala khusus dan gejala yang muncul biasanya terkait atau mirip dengan GERD. Bahaya utama kerongkongan Barrett adalah terjadinya kanker kerongkongan.

Untuk menyeimbangkan kadar asam lambung, biasakan makan secara teratur. Selain itu, hindari makan terlalu cepat dan berbaring segera setelah makan, agar asam lambung tidak naik.

Jika kita sering mengeluh tentang gangguan pencernaan yang berkaitan dengan keasaman lambung atau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *