Ibu menyusui, jaga makanan anda ! ini alasan nya.

Posted by

Memiliki anak yang cerdas dan sehat, tentu saja, adalah harapan orang tua. Berbagai hal dapat dilakukan untuk mencapai hal ini, termasuk makan makanan ibu menyusui sehingga bayi cerdas.

Ada banyak manfaat untuk memberikan ASI kepada bayi, termasuk mengurangi risiko infeksi telinga dan pernapasan dan mengurangi risiko bayi mengalami kesulitan dengan kebutuhan mereka.

Nutrisi Penting Ibu Menyusui untuk Bayi Cerdas – Alodokter

Selain itu, proses menyusui membantu membangun hubungan yang erat antara bayi dan ibunya. Tidak kalah pentingnya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang diberikan ASI memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi (intelligence quotient / IQ).
Menyusui untuk bayi cerdas

Sampai sekarang, tidak ada makanan khusus yang diketahui untuk ibu menyusui yang bisa membuat bayi pintar. Bahkan, bahkan jika ibu menyusui tidak menerima nutrisi lengkap, ASI yang dikeluarkan masih dapat memenuhi kebutuhan gizi bayi. Tidak adanya jenis nutrisi tertentu akan diambil dari tubuh ibu.

Tetapi jika tetap dalam jangka panjang, itu dapat mempengaruhi kesehatan ibu. Inilah sebabnya mengapa penting untuk tidak mengkonsumsi satu jenis makanan atau mengikuti diet yang berlebihan. Ini dapat mengurangi kualitas dan kuantitas ASI.

Untuk menjaga kualitas dan kuantitas ASI, ibu menyusui disarankan untuk mengonsumsi sekitar 2.000 hingga 2.500 kalori sehari, minum banyak air, dan cukup istirahat. Untuk memenuhi kebutuhan gizi, ibu menyusui harus mengkonsumsi berbagai jenis makanan seimbang.

Makanan yang cocok untuk ibu menyusui harus mengandung berbagai nutrisi berikut:

  1. Karbohidrat kompleks

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti gandum, kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan, adalah pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan energi selama menyusui. Ini karena karbohidrat kompleks dicerna lebih lambat dari karbohidrat sederhana, memungkinkan mereka untuk memberikan energi lebih lama dan glukosa darah mereka juga akan lebih stabil.

  • Protein

Bagi ibu menyusui, penting untuk memenuhi kebutuhan protein. Bayi membutuhkan protein untuk membentuk jaringan saraf dan otak. Menurut penelitian, pasokan protein ASI yang cukup memainkan peran penting dalam pertumbuhan otak bayi, sehingga akan mendukung kecerdasannya nanti.

Makanan yang merupakan sumber protein termasuk telur, daging tanpa lemak, ikan, produk susu, kacang-kacangan atau biji-bijian, dan biji-bijian.

  • lemak sehat

Saat menyusui, dianjurkan untuk menghindari lemak jahat, seperti lemak jenuh atau lemak trans. Lemak ini ditemukan dalam mentega, minyak kelapa sawit, krim, susu murni dan daging.

Sebaliknya, pilih makanan yang mengandung lemak omega-3 sehat dan tinggi. Anda bisa mendapatkan lemak sehat dengan mengonsumsi ikan laut, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak zaitun.

Ibu menyusui sering merekomendasikan makan makanan laut karena mengandung banyak protein dan omega-3, yang terdiri dari DHA dan EPA. Nutrisi ini penting untuk perkembangan mata dan otak bayi, serta untuk mendukung pertumbuhannya secara umum sehingga ia kemudian menjadi anak yang cerdas.

  • besi

Zat besi berperan penting dalam perkembangan otak bayi. Karena itu, ibu menyusui disarankan untuk mengonsumsi makanan kaya zat besi, seperti daging, kacang-kacangan, sayuran hijau dan biji-bijian.

Untuk membantu menyerap zat besi, makan makanan yang mengandung vitamin C, seperti buah-buahan dan sayuran.

  • Kalsium

Susu dan produk olahan, seperti keju dan yogurt, serta sayuran hijau adalah sumber kalsium yang baik. Tahu, tempe, susu kedelai dan jus atau sereal yang ditambahkan kalsium juga merupakan makanan kaya kalsium.

Penting untuk diingat untuk memilih makanan untuk ibu menyusui sehingga bayi pintar bervariasi jenis makanan yang mereka makan sehingga asupan gizi lebih beragam. Jika perlu, lihat pad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *